Anas Kirim Pesan dari Balik Penjara KPK - Kana Berita - Berbagi Informasi

Hot

Post Top Ad

Saturday, January 18, 2014

Anas Kirim Pesan dari Balik Penjara KPK

JAKARTA- Tersangka kasus gratifikasi dalam proyek Sports Center Hambalang, Anas Urbaningrum, tidak dapat menghadiri peluncuran bukunya yang berjudul Janji Kebangsaan Kita di Rumah Pergerakan Perhimpunan Pergerakan Indonesia (PPI), Duren Sawit, Jakarta Timur, lantaran masih mendekam di Rutan KPK.

Namun, mantan Ketua Umum Partai Demokrat itu memberikan pesan lewat surat yang ditulisnya. Surat itu dibacakan Sekjen PPI, Gede Pasek Suardika, Jumat (17/1/2014).

Berikut Isi surat Anas yang ditulis di dalam ruang tahanan KPK.

Kepada yang terhormat
Para sahabat aktivis PPI dan kaum pergerakan.

Assalamu'alaikum Wr, Wb.
Salam sejahtera untuk kita semua

Alhamdulillah, kondsi saya sehat dan tidak kurang apa pun juga. Yang berkurang adalah kebebasan ruang, dan kebebasan lain. Meski dalam kondisi kesempitan, tidak dianggap sebagai suatu hal yang serius. 

Tidak ada yang berkurang pada keyakinan dan optimisme pada masa depan yang lebih baik. Saat jadi saya mundur dari Partai Demokrat, itu halaman terakhir di Partai Demokrat yang saya cintai. Tapi itu bukan halaman akhir bagi negara ini, masih ada halaman berikutnya. 

Maka, sebuah buku kehidupan seluas perjuangan kehidupan itu sendiri. Salah satu hal yang kita lakukan, menggali, menghidupkan dan mengembangkan semangat pergerakan Indonesia yang lebih baik. Ini yang kita sepakati sebagai PPI. PPI sebagai cara untuk terus mencintai, bekontribusi, bekerja, dan beramal untuk Indoensia.

Sejak awal, PPI kiat buat sebagai sebuah organisasi sesungguhnya dengan modal semangat, tekad, keyakinan, dan juga nekad. Kita sepakat PPI itu bagian dari kita untuk menjadikan bangsa Indonesia lebih baik. Kita berharap PPI go public jadi milik masyarakat Indonesia.

Sejak awal, saya tegaskan bahwa PPI tidak boleh identik dengan Anas dan Anas tidak identik dengan PPI. PPI tidak boleh jadi properti Anas dan keluarga Anas. PPI tidak boleh jadi properti bagi perintis, pendiri, dan penggaasnya.

Semoga kelak, PPI jadi bayi sehat yang terus tumbuh menjadi energi bagi bangsa Indonesia lebih baik. PPI tidak boleh tergantung Anas, nasib PPI bukan nasib Anas. Anas hanya bagian kecil PPI dan kerja-kerja yang harus dilakukan. 

Saya berharap nasib PPI adalah nasib Indonesia bermasa depan. Pergerakan ini adalah ikhtiar politik meski berat dan sulit bertujuan untuk membuka sejarah untuk kemudahan bersama. Jika kita mulai dari kesulitan, Insyallah hasilnya kemudahan untuk orang banyak.

Dalam perjuangan itu, saya tidak pernah surut semangat. Tidak ada argumentasi saya untuk ke belakang, dan lempar handuk. Saya tetap bersama teman-teman untuk memajukan PPI, meski kita dibatasi ruang dan jarak. Jika sejarah menghendaki, kelak apa yang kita kerjakan akan jadi monumen hidup, dan menghidupkan Indonesia.

Saya berpesan PPI harus: 
1. Menjaga motivasi, idealisme untuk majukan pergerkan 2. Menjaga terus soliditas, kekompakan rasa saling percaya, rasa saling menolong di antara aktivis perubaha 3. Menjaga terus sikap, hindari permusuhan dan kebencian. Sikap kritis harus jauh lebih dikedepankan daripada kebencian.
4. Teruskan konsolidasi dengan teman-teman di daearh agar pemikiran dan gagasan bisa tersebar luas 5. Lanjutkan tradisi memajukan tindakan, amal pikiran bagi masy yang dibutuhkan

Apa yang kita rawat bersama, akan jadi bibit yg sehat dan meyehatkan Indonesia. Kita tidak perlu memikirkan siapa yang menikmatinya seperti petani yang tak peduli siapa yang menikmati berasnya. Yakinlah pula, bahwa kita mendapat amanat, nikmat, dalam merintis bayi kecil bermama PPI. Ini tanggung jawab bersama agar kelak jadi manusia dewasa yang kaya akan amal. Terus bergerak!

Salam pergerakan.

16 Januari 2014,
Sahabatmu,
Anas Urbaningrum.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad