Nokia Resmi Matikan Symbian dan MeeGo - Kana Berita - Berbagi Informasi

Hot

Post Top Ad

Sunday, January 5, 2014

Nokia Resmi Matikan Symbian dan MeeGo

Produsen smartphone Lumia, Nokia, akhirnya sudah resmi menghentikan layanan dukungan untuk sistem operasi Symbian dan MeeGo per tanggal 1 Januari 2014. Sebelumnya, rencana ini telah diutarakan sejak bulan Oktober lalu. Dalam postingan di akun Twitter, tim Symbian menyatakan perpisahaannya:

That was it; we are officially closed. Thank you all for the past years!
— Symbian Signed Team (@SymbianSigned) January 2, 2014

Sementara aplikasi-aplikasi akan tetap tersedia untuk diunduh pelanggan, namun pengembang tidak akan bisa lagi mempublikasikan atau memperbarui aplikasi-aplikasi di Ovi Store. Dibalik itu, para developer kedua OS tersebut tetap terus menerima pendapatan dari aplikasi yang diterbitkan.

Langkah fenomenal yang ditempuh pihak Nokia ini tentu memberatkan para pengguna perangkat berbasis Symbian dan MeeGo. Mereka tak bisa meng-update atau mengunduh aplikasi baru dari Nokia Store sama sekali, karena yang akan ada di toko online tersebut hanyalah aplikasi Symbian dan MeeGo lama saja. 

Nokia beralasan ingin benar-benar fokus menggunakan Windows Phone dalam perangkatnya, karena perusahaan ponsel asal Finlandia itu kini sudah menjadi bagian dari Microsoft, sebagai penggagas utama OS. Selain perangkat Windows Phone, Nokia juga kian gencar memproduksi ponsel dari lini Asha untuk pasar berkembang.

"Dengan peluang bisnis yang berkembang di Asha dan platform Windows Phone, kami telah meninjau konten program pengembang kami untuk melihat bagaimana kita dapat memaksimalkan dukungan kami kepada Anda, pengembang kami," tulis Nokia pada bulan Oktober. "Sebagai hasil dari kajian ini, kami telah memutuskan untuk memfokuskan dukungan dan investasi dalam konten baru menuju Asha dan Windows Phone kami."

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad