Tren Teknologi Ponsel 2014 - Kana Berita - Berbagi Informasi

Hot

Post Top Ad

Sunday, January 5, 2014

Tren Teknologi Ponsel 2014

Tahun 2013 baru saja berlalu. Dan sekarang di 2014 ini, tampaknya akan banyak kejutan. Tren teknologi ponsel tahun ini akan mengalami banyak perubahan dari sisi model dan juga teknologi yang diusungnya. Sebagian tren di 2014 ini sudah diperkenalkan di 2013 dan akan diperkirakan akan booming di 2014 ini, apa saja itu?

1. Wearable Device
Jika Anda belum tahu istilah wearable device, singkatnya adalah perangkat elektronik yang dapat dikenakan ditubuh kita, misalnya berbentuk jam, baju, kalung dan lain sebagainya. Nah di tahun 2013 lalu, perangkat ini eksis hanya saja belum menjadi tren. Misalnya kehadiran Galaxy Gear, perangkat berbentuk jam tangan buatan Samsung yang bisa terintegrasi dengan perangkat smartphone Samsung Galaxy . Atau kacamata fenomenal buatan Google, Google Glass.
Nah, diperkirakan di tahun ini banyak pabrikan yang akan mengeluarkan produk sejenis seperti Qualcomm, dan beberapa merek asal Cina. Wearable device ini ada yang beroperasi secara mandiri (stand alone) ada juga yang menjadi bagian dari ponsel.

2. Fleksibel Phone
Tahun 2013 menjadi tahun pembuktian bahwa ponsel fleksibel bukan hanya sekedar konsep. Lewat seri G Flex, pabrikan smartphone asal Korea LG mengenalkan ponsel flelsibel terbaru. Tidak sekedar mengejar fashion, ponsel ini pun menggunakan teknologi baterai fleksibel yang baru pertama kali digunakan di ponsel.
Kabarnya, di 2014 ini Apple dan Samsung akan ikut meramaikan ponsel fleksibel atau berlayar lengkung meksipun banyak yang menyangsikan dari sisi manfaatnya.

3. Prosesor 64 bit dan OctaCore
Tren penggunaan prosesor 64 bit di perangkat mobile diusung oleh Apple lewat produk iPhone 5s. Meski awalnya mendapat cibiran, tetapi ternyata para kompetitor Apple malah mengekor dibelakangnya. Samsung diberitakan akan membuat prosesor 64 bit di 2014. Mungkin saja prosesor ini akan digunakan pada seri Galaxy S5.
Tak cuma Samsung, Qualcomm perusahaan pengembang chip juga ikut berencana menawarkan prosesor mobile 64 bit di tahun ini juga.
Selain prosesor 64 bit, prosesor 8 core atau octa core juga akan menjadi tren di 2014. Salah satu pengembang chip yang siap dengan prosesor ini adalah MediaTek. Chip MT6592 diklaim sebagai chip true octa core atau octa core yang sesungguhnya.
Dari berbagai sumber, chip octa core milik MTK ini akan digunakan juga oleh brand-brand besar.

4. Layar 2K
Tahun ini juga akan dibanjiri salah satu inovasi di dunia smartphone yakni layar super tajam yang melebih Full High Defintion (HD). Seperti diketahui, layar smartphone yang mempunyai kualitas full HD memiliki tingkat resolusi sebesar 1920 x 1080. Dan kini, bersiaplah untuk layar ponsel dengan tingkat resolusi yang jauh lebih tajam.
Quad High Defintion (QHD) atau juga layar 2K, tengah menjadi perbincangan serius. Smartphone dengan teknologi tersebut bahkan ada yang sudah ada yang dirilis. Dan yang mengejutkan smartphone pertama layar 2K adalah berasal dari pabrikan Cina.

5. LTE
LTE sudah menjadi standar dinegara-negara maju, tapi di Indonesia implementasi teknologi jaringan terkini ini baru akan digelar tahun ini, meskipun ada provider Internet yang sudah menggunakan teknologi LTE, tapi untuk operator selular kabarnya baru akan hijrah ke LTE pada September mendatang.
Dengan jaringan LTE ini Anda bisa mendownload film definisi tinggi hanya dengan 15 menit saja, bandingkan dengan HSPA yang butuh waktu sampai 6 jam. Selain download video kualitas tinggi, LTE dengan mulus bisa menjalankan televisi on demand, game online kualitas tinggi sampai iklan berbasis video.
Kecepatan LTE bisa mencapai 150Mbps. Sebagai perbandingan, jaringan EDGE hanya mencapai 256kbps, UMTS 384kbps, HSPA 14,4Mbps dan HSPA+ 42Mbps.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad